Dua Peneliti PPISB ikut ​Kemah Budaya Kaum Muda di Yogyakarta

Kemah Budaya Kaum Muda atau KBKM merupakan platform kerja budaya yang menghimpun kaum muda yang berusia 18-28 tahun untuk menjawab berbagai tantangan pemajuan kebudayaan dengan memanfaatkan kekayaan wawasan di bidang STEAM atau Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni dan Matematika. Lewat kerja kelompok yang beranggotakkan 3-5 orang, diharapkan akan muncul berbagai inisiatif dari kalangan muda yang akan menjadi trobosan untuk menjawab tantangan pemajuan kebudayaan dari berbagai daerah.

Menjadi 1 dari 138 kelompok yang berasal dari 28 provinsi di Indonesia yang berkompetisi di Prambanan D.I. Yogyakarta pada 21-25 Juli 2019, PPISB Unsyiah turut hadiryang diwakili oleh 2 peneliti muda yaitu Khalida Zia dan Ramadhan yang berkolaborasi dengan organisasi The Leader. Pada kegiatan ini kami mengusung ide pelestarian Rencong dengan melibatkan kaum muda.

Rencong adalah senjata tradisional yang ada di Aceh. Senjata tradisional ini menjadi simbo identitas diri, keberanian, dan ketangguhan suku Aceh, bahkan Aceh juga dikenal dengan sebutan tanah Rencong. Setelah Aceh damai Rencong beralih fungsi dari senjata tradisional menjadi cinderamata khas Aceh. Namun memprihatinkan saat ini sedikit masyarakat yang memahami sejarah Rencong, nilai Rencong dan bahkan cara membuatnya hanya diketahui segelintir orang saja.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya