Social Club merupakan kelompok diskusi yang digagas oleh PPISB membuat kegiatan yang bernama “Dialog Socrates”. Bertempat di kantor PPISB, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancer.. Rangkaian agenda kegiatan “Dialog Socrates” ini dimulai dari pemutaran video Profile PPISB dan Social Club, Indroduce peserta , Active Listening, Analisa Cerita, dan masuk kepada acara inti yaitu “Dialog Socrates”. Dalam sesi “Dialog Socrates” ini, semua peserta akan menulis dan menceritakan suatu keadaan dimana mengalami ketidaksepakatan dengan orang lain yang dianggap sebagai masalah. Kemudian akan dipilih 2 masalah ketidaksepakatan berdasarkan voting peserta yang terbanyak dan akan didialogkan. Peserta pemilik cerita akan menjabarkan permasalahan yang pernah dia hadapi dan peserta lain memberikan pendapat, pertanyaan, sanggahan dan lain sebagainya mengenai masalah tersebut.

Taftazani Hulwani mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2014 selaku peserta dari “Dialog Socrates” mengungkapkan, “Saya kira hanya datang, duduk dan mendengar seperti seminar pada umumnya, ternyata lebih dari itu. Saya mendapat pengalaman dan cara pandang yang berbeda dari kegiatan ini. Kegiatan ini menjawab tantangan mahasiswa sekarang termasuk saya sendiri dimana tidak berani menyampaikan pendapat pribadi dan disini saya bebas berpendapat tanpa ada kata salah dan benar.

Khalida Zia selaku koordinator Social Club menimbuhkan bahwa, “Dialog Socrates bukan seperti seminar, debat, group diskusi, negosiasi, wawancara, apalagi rapat. Dialog ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berfikir dan juga sebagai wadah mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara bebas. Peserta dari dialog ini terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda, mulai dari Sosiologi, Ekonomi, Hukum, Teknik dan berbagai jurusan lainnya. Tetapi disini kita semua bebas berpendapat sesuai analisa masing-masing. Output dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan pendapat dari setiap peserta dan tidak kata salah atau benar sebab mengutip dari Socrates, “Kebenaran sejati adalah ketika kamu mengetahui sesuatu yang tidak kamu ketahui”.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya